forum pembelajaran klaster cluster learning circles clc tahap ke 2 tahun 2011 n.
Download
Skip this Video
Loading SlideShow in 5 Seconds..
FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC ) TAHAP KE 2 TAHUN 2011 PowerPoint Presentation
Download Presentation
FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC ) TAHAP KE 2 TAHUN 2011

Loading in 2 Seconds...

play fullscreen
1 / 18
gray-russell

FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC ) TAHAP KE 2 TAHUN 2011 - PowerPoint PPT Presentation

112 Views
Download Presentation
FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC ) TAHAP KE 2 TAHUN 2011
An Image/Link below is provided (as is) to download presentation

Download Policy: Content on the Website is provided to you AS IS for your information and personal use and may not be sold / licensed / shared on other websites without getting consent from its author. While downloading, if for some reason you are not able to download a presentation, the publisher may have deleted the file from their server.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - E N D - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Presentation Transcript

  1. FORUM PEMBELAJARAN KLASTER (CLUSTER LEARNING CIRCLES, CLC)TAHAP KE 2 TAHUN 2011

  2. WaktuPelaksanaan 2011 (Tentatif)

  3. Rincian Program Secaragarisbesar Program FPK dapatdisarankanmencakupkajianterhadaptopik-topikberikut (setiapKlasterdapatmerumuskantopik-topikpertemuansesuaidenganprioritasKlaster).

  4. Pertemuanke 1: • Bedah Program dan kegiatan yang mendukung ketercapaianVisi, Misi, setiap LPMP dalam rangka implementasi SPMP • Analisis kapasitas LPMP (EDL) • Analisis SDM organisasiuntukmelaksanakantupoksi dan konsep SPMP ? • Pembinaan dan pengembanganSDMorganisasi? • Ketersediaansaranaprasaranaorganisasiyang tersedia sudahmemadaiuntukmelaksanakantupoksi? • Strategi dan hasil pendampinan EDS/M.MSPD • Khusus LPMP Gorontalo, ada testimoni dari kelompok Guru, KS, PS, Dinas pendidikan (sinergi pengelolaan pendidikan di Daerah)

  5. Kesepakatan • Pelaksanaan EDS dilaksanakan secara konsisten (sambil menunggu suplemen instrumen), strategi memnfaatannya • Peningkatan kapasitas inernal secara terus menerus dan menyeluruh • Optimalisasi kinerja lembaga dan pemanfaatan sumber daya lembaga • Pelaksanaan CLC Put II tahap 2

  6. Pertemuanke 2: • Best Practices Penjaminan mutu pendidikan • Evaluasi Hasil Pelaksanaan EDS tahun 2011 • Pemanfaatan hasil EDS pada penyusunan program lembaga dalam rangka pengawalan 8 SNP

  7. Pertemuanke 3: • Strategi QA/QI internal • Bagaimanaorganisasimerancangprogram QA/QI(eksternal)sesuaidengan SPMP? • Bagaimanaorganisasimerancangdanmengelola SIMP (EMIS) sesuaidengan SPMP?,

  8. Pertemuanke 4: • Bagaimanaorganisasimelaksanakan program QA/QI sesuaidengan SPMP? • BagimanaorganisasimelaksanakandukunganterhadapDinasPendidikanKabupaten/Kota danPropinsi, Kantor dan Wilayah Depagdalammelakukanpenjaminandanpeningkatanmutu (QA/QI) termasukPengembanganKapasitas (CB) dalampelaksanaan SPMP?

  9. Pertemuanke 5: • Bagaimanaorganisasimelaksanakandukungandalam QA/QI padatingkatsatuanpendidikantermasukpengembangankapasitas (CB) ataspermintaanDinasPendidikanKabupaten/Kota danPropinsi?

  10. Pertemuanke 6: • Pertemuanke 6: • Best Practices organisasimelaksanakan program kemitraandengan stakeholders ditingkatKabupaten/Kota danPropinsidalampelaksanaan SPMP? • ‘

  11. ProsesPelaksanaan Di awal forum dilakukanpertemuanbersama (pleno) untukmenyepakatidalamhal: • rinciantopik yang akandibahas. • target pencapaian (ouput) daririnciantopik yang dibahas. • alokasiwaktudanpenanggungjawab (person in charge) untuksetiapsesi.

  12. ProsesPelaksanaan Tahappembahasanterdiridari: • Sesi pertama, masing-masing LPMP mempresentasikan best practices. • Sesikedua,pesertadikelompokkan berdasarkantupoksinya: Kepala, Kabag, Kasi, staf, WI, danfungsionallainnyadariseluruh LPMP/BDK. • Sesiketigapesertadikelompokanberdasarkanlembaganya, misalnya LPMP Papua, LPMP Bali, dst.

  13. ProsesPelaksanaan Proses pengelompokan pesertaperlumempertimbangkan kesesuaian dengan tupoksiunit kerja untukmembahasisumutupendidikan yang relevan: misalnyaKepala, Kabid, Kasi, perwakilan QAdanperwakilan WI sertafungsionallainnya. • Di akhirdilakukan forum dilakukanpertemuanbersamalagiuntukmelakukanpresentasihasilkerjakelompok, menerimamasukan, danmelakukanrevisihasilakhirsesuaimasukandankesepakatan yang dicapaidalam forum.

  14. Laporandan TindakLanjut Isilaporanmencakupbeberapahalberikut yang esensial: • topikpertemuan, prosespelaksanaan, paparanhasil yang dicapai, deskripsihambatandansolusi yang terjadi (bilaada), dantopikbahasandi FPK berikutnya. • kesimpulandansaran. • lampiranlaporanberisi data/dokumen/bukti –buktifisik, misalnyarencanaaksi, program, instrumen, dst.

  15. Tindaklanjut: • hasil-hasilnyaharusdimuatdalam mailing list/website klastersebagailaporan. • Laporan soft copy (diemail) dan hard copy dikirimkeKoordinator Program danKoordinatorKlastersertake MCPM.

  16. DaftarCek (Ceck List)

  17. SEKIAN DAN TEERIMA KASIH

  18. Bahan rekomendasi • Pelaksanaan EDL • Kemitraan dengan Pemda