Perlindungan anak dan mass media
This presentation is the property of its rightful owner.
Sponsored Links
1 / 34

Perlindungan Anak dan Mass Media PowerPoint PPT Presentation


  • 121 Views
  • Uploaded on
  • Presentation posted in: General

Perlindungan Anak dan Mass Media. Heru Susetyo , SH. LL.M. M.Si . Fakultas Hukum Universitas Indonesia April 2012. Kasus Bang Maman dan “Istri Simpanan”. Latah-nya Olga di Acara Dahsyat RCTI 1 Mei 2009. Tukul dan “Bukan Empat Mata” (2).

Download Presentation

Perlindungan Anak dan Mass Media

An Image/Link below is provided (as is) to download presentation

Download Policy: Content on the Website is provided to you AS IS for your information and personal use and may not be sold / licensed / shared on other websites without getting consent from its author.While downloading, if for some reason you are not able to download a presentation, the publisher may have deleted the file from their server.


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - E N D - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Presentation Transcript


Perlindungan anak dan mass media

Perlindungan Anak dan Mass Media

HeruSusetyo, SH. LL.M. M.Si.

FakultasHukumUniversitas Indonesia

April 2012


Kasus bang maman dan istri simpanan

Kasus Bang Maman dan “Istri Simpanan”


Latah nya olga di acara dahsyat rcti 1 mei 2009

Latah-nya Olga di Acara Dahsyat RCTI 1 Mei 2009


Tukul dan bukan empat mata 2

Tukul dan “Bukan Empat Mata” (2)

  • JAKARTA, KOMPAS.com - KembaliTukulArwanaditegurKomisiPenyiaran Indonesia (KPI) dalammembawakanacaraBukanEmpat Mata yang ditayangkanstasiuntelevisi Trans 7. Acara yang merupakanwajahbaruEmpat Mata inidinilaimengumbar kata-kata dantindakankearahseksual.

  • "BanyakadeganTukul yang mencobamencium, merabadanmemegang," kata Nina Armando, anggota Tim Panelis yang memberikanpenelianisiacaratelevisi, saatacaraJumpaPersPengumumanHasilPemantauan Isi SiaranTelevisi di Jakarta, Rabu (6/4).


Tukul dan bukan empat mata 21

Tukul dan “Bukan Empat Mata” (2)

  • Lebih lanjut ia mengaku heran, mengapa perilaku dan kata-kata Tukul yang mengarah ke seks tersebut diikuti oleh pembawa acara yang lain. Bahkan para bintang tamu pun tertular oleh Tukul. "Joke-joke yang mengarah seks itu menular," kata Nina. Selain itu, tambahnya, acara tersebut penuh dengan adegan melecehkan orang dan mengarah pada pendeskriditan suku tertentu.


Tukul dan bukan empat mata 3

Tukul dan “Bukan Empat Mata” (3)

  • Menurut Tim Panelis yang disampaikan Nina, acara yang dipandu oleh Riyanto, nama asli Tukul, klasifikasi acara yang ditampilkan yaitu Remaja (R), dan bimbingan orangtua (BO) dinilai tidak sesuai dengan isinya. "Padahal acara ini tidak cocok untuk remaja," katanya.

  • Peraturan-peraturan yang diterjang Tukul dalam "Bukan Empat Mata", ungkap Nina, adalah UU Penyiaran No. 32 tahun 2002 Pasal 4 (1), 7, 36 (1 dan 6) dan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) Pasal 12, 17 dan 64. "Sanksi yang akan dijatuhkan untuk program Bukan Empat Mata akan ditentukan setelah mendengar penjelasan dari 'Trans 7'," pungkas Nina.


European union dan pornografi anak yahoo indonesia 31 march 2010

European Union dan Pornografi Anak(Yahoo! Indonesia 31 March 2010)

  • Brussels (ANTARA/Reuters) - Komisi Uni Eropa menginginkan negara-negara anggotanya untuk setuju merintagi akses ke situs Internet pornografi anak dan menerapkan hukuman lebih keras terhadap para penyalahguna anak dan geng perdagangan manusia.

  • "Pornografi anak bukan mengenai kebebasan berekspresi. Itu kejahatan yang menghebohkan, Itu tidak mengenai penyebaran pendapat," kata Komisaris Urusan dalam Negeri EU Cecilia Malmstrom.


European union dan pornografi anak yahoo indonesia 31 march 20101

European Union dan Pornografi Anak(Yahoo! Indonesia 31 March 2010)

  • Pornografi anak berarti citra anak menderita akibat penyalahgunaan seks. Melihat pornografi anak di Internet menyebabkan lebih banyak anak diperkosa hingga menimbulkan citra itu.

  • Komisi itu menyatakan beberapa bentuk kekerasan seksual meningkat dan jumlah laman Internet yang disediakan untuk pornografi anak bertambah, dengan sekitar 200 gambar yang memuat pornografi anak diedarkan setiap hari.


Pornografi pada game online

Pornografi pada Game Online


Media kurang sehat di sekitar anak

Media Kurang Sehat di Sekitar Anak…


Lampu merah lagi

LampuMerah lagi…


Belah duren jupe

Belah Duren ‘Jupe”

  • Makan duren dimalam hariPaling enak dengan kekasihDibelah bang dibelahEnak bang silahkan dibelahReff:Jangan lupa mengunci pintuNanti ada orang yang tauPelan-pelan dibelahEnak bang silahkan dibelahSemua orang pasti suka belah durenApalagi malam pengantinSampai pagi pun yo wis ben

  • Yang satu ini durennya luar biasaBisa bikin bang ga tahanSampai-sampai ketagihan Kalo abang suka tinggal belah sajaKalo abang mau tinggal bilang saja

  • Makan duren dimalam hariPaling enak dengan kekasihDibelah bang dibelahEnak bang silahkan dibelah


Jablai titi kamal

JABLAI (Titi Kamal)

  • Waktu tamasya ke binariaPulang pulang ku berbadan duaMeski tanpa restu orang tua sayangAku rela abang bawa pulangNgga kerasa uda setahunSi abang mulai berlagak pikun …Uda ngga pernah pulang ke rumah sayangKepincut janda di pulo gebang

  • Lay.. lay.. lay.. lay.. lay.. lay..Panggil aku si JablayAbang jarang pulang aku jarang di belaiAnak kita skarang uda besarMulai bingung kok bapaknya nyasarKenapa bapak ngga pulang-pulang emakKata tetangge... emangnya enak


Cucak rowo didi kempot

Cucak Rowo – Didi Kempot

  • (1)Kucoba Coba Melempar Manggis Manggis Kulempar Mangga Kudapat Kucoba Coba Melamar Gadis Gadis Ku Lamar Janda Kudapat (2)Jamane Jamane Jaman Edan Wong Tuo Rabi Perawan Prawane Yen Bengi Nangis Wae Amargo Wedhi Karo Manuk'e

  • (3)Iki Piye Iki Piye Iki Piye Wong Tuo Rabi Perawan Prawane Yen Bengi Nangis Wae Amargo Wedhi Karo Manuk'e (4)Manuk'e Manuk'e Cucak Rowo Cucak Rowo Dowo Buntute Buntute Sing Akeh WuluneYen Digoyang Ser Ser Aduh Penak'e


Surti tejo by jamrud

SURTI TEJO - By Jamrud

  • Surti remaja anak Bapak Kades Dan si Tejo jejaka baru aja mudik Berdua saling mencinta sejak lulus SD Hingga kini beranjak gede Surti sumringah arjunanya pulang Tiga tahun berpisah nyari dana di kota Mereka melepas rindu di pematang sawah Hingga malam s'limuti desa

  • Jemari Tejo mulai piknik dari wajah sampai lutut Surti Tanpa sadar sarung mereka pun jadi alas Mirip demo memasak Tejo mulai berakting di depan Surti

  • Masang (masang) alat (alat) kontrasepsi Surti menjerit serentak menutup matanya Surti menangis kecewa Arjuna berubah Hilang Tejo yang dulu ngampung, dekil, lugu, tapi Surti suka Berganti Tejo yang gaul yang funky yang doyan ngucapin "Ember!" Surti berlari kayak kesurupan Dan si Tejo ngelamun menahan konaknya Diacungkan jari tengah ke arah Suri Penuh dendam dia bilang "F*ck you" Surti menangis, Surti kecewa Diacungkan jari tengah ke arah Surti Penuh dendam dia bilang "F*ck you" Surti F*ck You...


Uu perlindungan anak no 23 tahun 2002

UU PerlindunganAnak No. 23 tahun 2002

Pasal 10 :

Setiap anak berhak menyatakan dan didengar pendapatnya, menerima, mencari, dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya demi pengembangan dirinya sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan.


Uu pers no 40 tahun 1999

UU Pers No. 40 tahun 1999

Pasal 5 :

  • Persnasionalberkewajibanmemberikanperistiwadanopinidenganmenghormatinorma-norma agama dan rasa kesusilaanmasyarakatsertaasaspradugatakbersalah.

    Pasal 13

    Perusahaan Persdilarangmemuatiklan :


Perlindungan anak dan mass media

Pasal 13

Perusahaan Persdilarangmemuatiklan :

  • Yang berakibatmerendahkanmartabatsuatu agama danataumengganggukerukunanhidupantarumatberagamasertabertentangandengan rasa kesusilaanmasyarakat;

  • Minumankerasdan NAPZA;

  • Peragaanwujudrokokdanataupenggunaanrokok.


Uu penyiaran no 32 tahun 2002

UU Penyiaran No. 32 tahun 2002

Isi Siaran

Pasal 36

(1) Isi siaran wajib mengandung informasi , pendidikan, hiburan, dan manfaat untuk pembentukan intelektualitas, watak, moral, kemajuan, kekuatan bangsa, menjaga persatuan dan kesatuan, serta mengamalkan nilai-nilai agama dan budaya Indonesia.


Perlindungan anak dan mass media

Pasal 36 ayat (3) :

Isi siaran wajib memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada khalayak khusus, yaitu anak-anak dan remaja dengan menyiarkan mata acara pada waktu yang tepat , dan lembaga penyiaran wajib mencantumkan dan/ atau menyebutkan klasifikasi khalayak sesuai dengan isi siaran.


Konvensi hak anak

Konvensi Hak Anak

  • Pasal 13

    (1) Anakharusmemilikihakataskebebasanmengeluarkanpendapat, hakinimencakupkebebasanmencari, menerimadanmemberikaninformasidansemuamacampemikirantanpamemperhatikanperbatasan, baiksecaralisanmdalambentuktertulismaupuncetak, dalambentukseni, ataumelalui media lain apapunpilihananak


Konvensi hak anak1

Konvensi Hak Anak

  • Pasal 13 ayat (2) :

    Pelaksanaanhakinidapattundukpadapembatasan-pembatasantertentu, tapihanyaakansepertiditentukanoleh UU dandiperlukan :

  • Untukmenghormatihak-hakataunamabaikorang-orang lain; atau

  • Untukperlindungankeamanannasionalatauketertibanumum, ataukesehatanataukesusilaanumum.


Konvensi hak anak2

Konvensi Hak Anak

  • Pasal 17:

    Negara-negarapihakmengakuifungsipenting yang dilakukan media massadanharusmenjaminbahwaanakmempunyaiakseskeinformasidanbahandarisuatudiversitassumber-sumbernasionaldaninternasional; terutama yang ditujukanpadapeningkatankesejahteraansosial, spiritual dankesusilaannyadankesehatanfisikdanmentalnya. Untuktujuaninimakanegara-negarapihakharus :


Perlindungan anak dan mass media

Pasal 17 (a)

Mendorong media massa untuk menyebarluaskan informasi dan bahan yang mempunyai manfaat sosial dan budaya…;

Pasal 17 (e) Mendorong perkembangan pedoman-pedoman yang tepat untuk perlindungan anak dari informasi dan bahan yang merusak kesejahteraannya…


Perbedaan media lama dan media baru wenny pahlemy

Perbedaan Media Lama dan Media Baru (WennyPahlemy)


Media konvensional straubhaar 2002

Media Konvensional(Straubhaar, 2002)

  • Televisi

  • Radio

  • Surat Kabar

  • Film

  • Majalah


Media baru

Media Baru

  • Telepon seluler (SMS, MMS, Camera, Bluetooth, 3G, BB, etc)

  • Teknologi internet (e-mail, search engine, chatting/ instant messenger, social networking)


Media baru dan kaum remaja

Media Baru dan Kaum Remaja

  • Pengguna internet di Indonesia pada akhir tahun 2007 : 25 juta orang

  • Pada tahun 2010 diperkirakan 57.8 juta pengguna internet di Indonesia

  • Riset Yahoo ! Indonesia dan TNS : remaja usia 15 – 19 tahun mendominasi penggunaan internet di Indonesia (64%)


Apa yang dilakukan pengguna internet saat online

Apa yang dilakukanpengguna internet saat online ?


Apa yang dilakukan ketika online

Apa yang dilakukan ketika online?

  • E-mail : 59%

  • Instant messaging : 59%

  • Social networking : 58%

  • Search engine : 56%

  • Mengakses berita online : 47%

  • Menulis blog : 36%

  • Game online : 35%


Pornografi di beragam media yayu sri wartini

PornografidiBeragam Media(Yayu Sri Wartini)

  • PornografidiHandphone : trendnyaadalahadeganhubungansuamiistri> SMA Trenggalek, SMPN 3 TulungAgung, SMP Maospati, MadrasahAliyahJombang, PerkosaandiMinahasa Selatan, dll

  • PornografidiKomik : manga, komik Crayon Sinchan, Ranma1/2, Love Hina

  • Pornografidi Video Game dan Game Online

  • Korekapi porno diBanyuwangi


  • Login